Nuris, Dudung Ma’ruf. 2009. Pengaruh Kompetensi Guru Akuntansi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII IPS di SMAN 1 Karangan Trenggalek. Skripsi, Jurusan Akuntansi, S1 Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak (II) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.
Kata kunci : Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar
Mutu pendidikan saat ini perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya adalah menerapkan Sekolah Standar Nasional. Untuk mencapai hal tersebut harus mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang menekankan pada 8 kompetensi yang salah satunya tentang keunggulan pendidik dan tenaga kependidikan. Dengan kata lain diperlukan kompetensi guru yang memadai dan pemanfaatan media pembelajaran sebagai sarana penyalur informasi dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan kompetensi guru akuntansi dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Karangan Trenggalek dan subyek penelitiannya yaitu siswa kelas XII IPS SMAN 1 Karangan. Jumlah populasi yang diambil sebanyak 121 siswa dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Data diambil dari populasi siswa kelas XII IPS SMAN 1 Karangan Trenggalek. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas, Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas, dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian.
Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh parsial antara kompetensi guru akuntansi terhadap prestasi belajar dengan nilai sig t (0,047) < α 0,050 dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig t (0,040) < α 0,050. Terdapat pula pengaruh simultan antara kompetensi guru akuntansi dan pemanafaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig F (0,002) < α 0,050.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan para guru untuk mengikuti diklat pendidikan tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional untuk menambah wawasan dan kemampuan mengajar dan pihak sekolah hendaknya menambah sarana pembelajaran seperti buku panduan belajar dan penyediaan LCD.
Artikel keren lainnya: