Senin, 15 Desember 2014

4 Sistem Operasi Komputer Gratis Terbaik Untuk Anak

Bukan sesuatu yang mengejutkan kalau menjaga anak kita tetap diam dirumah merupakan tantangan tersendiri. Hal yang wajar jika kebanyakan anak anak melihat komputer sebagai sarana bermain. Masalahnya adalah tidak semua hiburan yang ditayangkan dikomputer layak dikonsumsi oleh anak anak, beberapa bahkan bisa mengganggu perkembangan mental anak itu sendiri.

DoudouLinux

DoudouLinux

Salah satu sistem operasi komputer gratis berbasis linux yang mencoba memberikan tampilan dan layout yang menyenangkan buat anak anak umur 2 – 12 tahun. Sistem operasi ini didesain sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan, mengedukasi dan aman digunakan. Sistem operasi ini sangat bermanfaat karena tidak mengganggu sistem operasi utama di komputer anda. Sistem operasi ini juga dilengkapi dengan filter yang menghalangi anak anda untuk mengakses aplikasi atau software yang anda install di komputer anda. Bagaimanapun juga, sangat penting untuk mewaspadai kemungkinan anak anda untuk mencari informasi seputar parental filters, karena informasi seperti ini dapat diakses dengan mudah di Google atau sosial media.

Cara paling mudah untuk menjalankan sistem operasi DoudouLinux adalah dengan menjalan program ini langsung dari CD image. Ketika anda sudah mengcopy CD image ke dalam disk, anda bisa langsung menjalankan sistem operasi ini di komputer anda tanpa perlu melakukan konfigurasi lainnya. Dengan menjalankan sistem operasi langsung dari CD, anda tidak perlu khawatir dengan sistem operasi utama anda ( Windows misalnya ). Untuk menjalankan sistem operasi utama, cukup keluarkan cd dari komputer dan nyalakan ulang komputer anda.

Solusi alternatif adalah dengan menggunakan sebuah USB, tapi cara ini lebih rumit dan tidak semua sistem mendukung. Untuk mendownload dan petunjuk instalasi dapat di akses di sini :

http://www.doudoulinux.org/web/english/documentation-7/index.html.

Walaupun sebenarnya DoudouLinux sejatinya dijalankan melalu CD, anda dapat juga melakukan instalasi secara penuh. Mengakses secara langsung ke dalam sistem dimana CD tersebut dijalankan boleh dibilang mustahil karena hal ini bisa membuat file dan konfigurasi terkait hilang atau berubah.

Sistem operasi ini datang dengan berbagai macam program yang tidak hanya menyenangkan tapi juga mengedukasi. Content filtering juga dimasukkan sebagai opsi bawaan jadi anda tidak perlu khawatir bila anak anda mencoba mengakses situs yang mengandung konten vulgar. Tidak ada biaya tambahan untuk fitur ini. Kebanyakan program yang ada bahkan bisa langsung dijalankan bahkan oleh orang awam sekalipun.

Versi terakhir yang dirilis di bulan desember 2013 datang dengan beberapa fitur baru. Beberapa pengguna mungkin menyadari kalau sistem operasi ini juga cocok buat orang yang sudah tua dengan keterbatasan fisik.

Tidak dapat dipungkiri kalau remaja mungkin berpikir bahwa sistem operasi ini cukup membosankan tapi buat anak anak, sistem operasi ini bisa jadi pilihan yang ideal untuk mengenalkan mereka dengan dunia komputer.

Qimo

Qimo

Qimo adalah salah satu pilihan menarik lainnya, sistem operasi ini ditujukan untuk anak anak diatas 3 tahun. Secara tampilan, Qimo tampak lebih menarik. Menggunakan sistem operasi berbasis ubuntu dan menggunakan xFce desktop, Qimo dapat dijalankan melalui CD atau dengan menginstalnya secara langsung. Untuk menggunakannya dari CD, cukup masukkan CD ke dalam hard drive dan pilih bahasa yang diinginkan dan lalu pilih opsi “ try Qimo without any changes to your computer”.

Sesuai dengan ekspetasi saya, sistem operasi berbasis ubuntu ini dapat secara langsung mengenali jaringan internet saya, sehingga saya dapat berselancar didunia maya secara langsung. Anda juga bisa mengatur konfigurasi DNS servers sampai memberikan beberapa pilihan perlindungan berdasar services yang anda gunakan. Browser bawaan yang dipakai adalah Firefox, jadi buat anda pengguna windows, sistem operasi ini terlihat sangat familiar.

Qimo dilengkapi dengan beberapa aplikasi permainan bawaan dan aplikasi untuk mengedit teks. Beberapa aplikasi sudah tersedia di desktop sehingga anda dapat mengaksesnya secara langsung. Aplikasi lainnya dapat dipilih di menu.

Walaupun Qimo ditujukan buat  anak anak, sistem operasi ini ternyata juga sangat cocok dipakai oleh pengguna yang lebih tua karena banyaknya fitur yang bisa dimaksimalkan lagi.

Sugar on a Stick


Solusi lain untuk anak anak yang dapat dipakai adalah sistem operasi berbasis Fedora - Sugar on a Stick. SoaS tersedia dalam 25 bahasa dan tersedia dalam beberapa pilihan x32 CD live and X64 live CD image.

Berdasarkan survey, SoaS sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna di seluruh dunia sebagai media pembelajaran di kelas.

Edubuntu

Edubuntu

Pilihan terakhir adalah Edubuntu, sistem operasi yang didesain khusus buat pengguna yang lebih dewasa. Sama seperti sebelumnya, Edubuntu juga tersedia dalam versi Live CD atau bisa diinstall secara langsung ke dalam komputer.

Sebagai informasi tambahan, Edubuntu juga dapat dilihat melalui tayangan di web berdurasi 2 jam atau sebagai aplikasi tambahan dibeberapa paket pilihan pembelian software. Versi terakhir hadir untuk anak anak dibawah umur 5 tahun sampai dengan level universitas dengan syarat sudah menginstall ubuntu sebelumnya.

Tags : pusat download software, download software gratis, free software, free download software, review software, aplikasi android gratis, download aplikasi gratis, tutorial gratis, tips gratis, kumpulan software gratis, download game terbaru.